Sejarah Android dan Perkembangan Versi-versi Android.




A. Sejarah Android.
Android, Inc. didirikan di Palo Alto, California, pada bulan Oktober 2003 oleh Andy Rubin (Pendiri Danger),Rich Miner (Pendiri Wildfire Communications, Inc.), Nick Sears (Mantan VP T-Mobile), dan Chris White (Kepala Desain dan pengembangan antarmuka webtv). Tujuan awal pengembangan Android adalah mengembangkan sebuah sistem operasi canggih untuk kamera digital, namun setelah menyadari lingkup penjualan untuk perangkat tersebut tidak cukup besar, maka Android dialihkan ke lingkup telepon pintar untuk menyaingi Symbian dan Windows Mobile.
Google mengakuisisi Android Inc. pada tanggal 17 Agustus 2005, menjadikan Android Inc. sebagai anak perusahaan milik Google. Sejak saat itu, tim yang berada dibawah naungan Google dan dipimpin oleh Rubin mulai mengembangkan platform perangkat seluler dengan menggunakan kernel Linux. Tim ini menghasilkan telepon seluler komersial pertama yang menggunakan sistem operasi Android, diberi nama HTC Dream dan diluncurkan pada 22 Oktober 2008.
Setelah meluncurkan seluler pertamanya, Android secara bertahapmelakukan pembaruandemi meningkatkan kinerja sistem operasi, menambahkan fitur baru, dan memperbaiki bug yang ada  versi sebelumnya. Setiap versi yang dirilis dinamakan secara alfabetis berdasarkan nama-nama makanan pencuci mulut.Seperti versi 1.5 bernama Cupcake, yang kemudian diikuti oleh versi 1.6 Donut. Versi terbaru adalah 4.4 KitKat, yang dirilis pada 31 Oktober 2013.

B. Perkembangan dan Versi-versi Android.

1. Android Beta
Pertama kali dirilis pada tanggal 5 November 2007, kemudian pada tanggal 12 November 2007 Software Development Kit (SDK) dirilis oleh Google.

2. Android 1.0 (Astro)
Pertama kali dirilis pada 23 September 2008. Sebenarnya Android versi pertama ini akan dinamai dengan nama "Astro" tapi karena alasan hak cipta dan trademark, nama "Astro" tidak jadi disematkan pada versi pertama dari OS Android ini. HTC Dream adalah ponsel pertama yang menggunakan OS ini.

3. Android 1.1 (Bender)
Versi ini dirilis pada 9 Maret 2009, yang diperbaiki dalam versi ini adalah estetika pada aplikasi, jam alarm, voice search, pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan email. Versi Android kedua ini juga mengalami masalah penamaan, sama dengan versi pertamanya. Pada awalnya Android ini akan diberi nama "Bender" akan tetapi karena alasan melanggar trademark, nama "Bender" tidak jadi disematkan pada versi Android ini. Awalnya versi OS Android ini dirilis untuk perangkat T-Mobile G1 saja




4. Android versi 1.5 (Cupcake)
Dirilis pada 30 April 2009. Cupcake atau dalam terjemahan bebas berarti kue cawan .Asal mula penamaan Android ini menggunakan nama makan pencuci mulut (dessert) karena ini merupakan versi ketiga maka penamaan diawali dengan huruf "C" dan jadilah "Cupcake" menjadi nama resmi dari versi OS Android ketiga ini.

Beberapa Fitur yang diperbaharui yaitu :

  1. Dapat merekam sekaligus memutar video berekstensi MPEG-4 serta 3GP. Dapat mengcopy dan paste tulisan saat membuka blog atau website. 
  2. Bisa menambahkan foto di kontak favorit. 
  3. Layar dilengkapi dengan animasi-animasi. 
  4. Layar dapat berputar secara otomatis.



5. Android versi 1.6 (Donut)
Donut dikenal juga dengan kue berlubang dipakai sebagai nama alias dari versi Android 1.6. Android Donut ini lebih mengembangkan aplikasi-aplikasi bawaan pada ponsel, diantaranya:

  1. Proses searching yang lebih baik dari versi sebelumnya.
  2. Fitur pada gallery yang lebih user friendly.
  3. Mendukung resolusi layar WVGA.
  4. Peningkatan android market dan aplikasi dari versi sebelumnya.



6. Android 2.0/2.1 (Enclair)
Versi ini dirilis pada 9 Desember 2009. Eclair adalah kue sus yang berbentuk panjang dengan toping coklat diatasnya. Android Éclair lebih memfokuskan pada pengoptimalan hardware, selain itu google map pada Android Éclair juga ditingkatkan.
Fituryang dikembangkan oleh Android Éclair yaitu:

  1. Kamera 3,2 Megapixel yang didukung oleh flash.
  2. Daftar kontak baru yang elegan
  3. Pada versi ini HTML5 telah terdukung pada perubahan UI dengan browser baru.
  4. Bluetooth 2.1 dengan kecepatan transfer file lebih tinggi.




7. Android versi 2.2 (Froyo)
Versi ini dirilis 20 Mei 2010. Froyo (Frozen yoghurt) adalah yoghurt (susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri) yang dibekukan mirip seperti ice cream. Frozen Yoghurt telah dilengkapi dengan fitur adobe flash 10.1. Kecepatan kinerja pada sistem ini juga mencapai 3-5 kali lipat daripada pendahulunya.
Beberapa fitur unggulan dalam Android Froyo:

  1. Mampu merekam video dengan HD quality
  2. Bisa meletakkan aplikasi di MMC/Micro SD
  3. Bisa untuk dijadikan hotspot
  4. Performa yang meningkat
  5. Kemampuan Auto update dalam Android market.




8. Android 2.3 (Gingerbread)
Versi ini dirilis pada 6 Desember 2010. Gingerbread adalah kue yang terbuat dari jahe, biasanya berbentuk boneka sering disajikan sebangai teman minum kopi.Versi ini dirancang untuk memaksimalkan kemampuan aplikasi dan game. Fungsi dan penerapan copy paste juga telah dioptimalkan. Pengguna Android Gingerbread mencapai 65% dari seluruh versi Android yang dirilis.
Beberapa fitur unggulan Gingerbread yaitu :

  1. User interface hemat energy
  2. Keyboard virtual dengan word selection
  3. Power Management
  4. App Control
  5. Dukungan jumlah kamera yang lebih dari satu



9. Android versi 3.0/3.1 (Honeycomb)
Versi ini dirilis pada 22 Februari 2011. Honeycomb Atau sarang madu adalah bagian dari hasil lebah yang dimanfaatkan selain dari madunya itu sendiri. Android Honeycomb yang memiliki versi 3.0 - 3.2 pada awalnya didesain khusus untuk tablet.
Walaupun Android Honeycomb mempunyai banyak kelebihan dibandingkan Android versi sebelumnya, namun kelebihan-kelebihan itu hanya berfungsi untuk Android tablet, seperti adanya System Bar di bawah, Multitasking Bar, dan juga Action Bar pada aplikasi. Semua kelebihan itu tidak  bisa diaplikasikan pada smartphone atau phablet.



10. Android versi 4.0 (Ice Cream Sandwich)
Versi ini dirilis pada 19 Oktober 2011 .Ice Cream adalah minuman atau tepatnya makanan yang sangat disukai terutama oleh anak kecil. Smartphone yang pertama kali mengunakan OS Android ini adalah Samsung Galaxy Nexus. Android Ice Cream Sandwich atau disingkat ICS adalah android pertama yang mempunyai fitur membuka kunci dengan pengenalan wajah. Fitur ini belum dimiliki oleh android versi dibawah ICS tetapi sudah disempurnakan pada versi diatasnya. Selain itu ICS juga mempunyai penampilan interface yang bersih dan smooth. ICS juga mempunyai font yang bernama roboto.



11. Android versi 4.1/4.3(Jelly Bean)
Versi ini dirilis pada tanggal 9 Juli 2012. Android Jelly Bean yang diluncurkan pada acara Google I/O lalu membawa sejumlah keunggulan dan fitur baru. Salah satunya adalah Google Now, Google Now memberikan informasi yang tepat pada waktu yang tepat pula. Salah satu kemampuannya adalah dapat mengetahui informasi cuaca, lalu-lintas, ataupun hasil pertandingan olahraga. OS Android Jelly Bean 4.1 muncul pertama kali dalam produk tablet Asus, yakni Google Nexus 7.
Beberapa fitur unggulan Android Jelly Bean yaitu :

  1. Dapat mematikan pemberitahuan pada aplikasi tertentu
  2. Shortcut & widget dapat disusun dan diubah ukurannya sesuai keinginan.
  3. Aplikasi pada kamera ditambah.
  4. Dapat menambahkan widget aplikasi tanpa harus root terlebih dulu.




12. Android Versi 4.4 (Kitkat)
Versi ini dirilis pada tanggal 31 Oktober 2013. Nama Kitkat ini agak berbeda dengan versi Android sebelumnya, dimana versi sebelumnya menggunakan nama-nama makanan ringan, namun versi ini menggunakan nama sebuah merk coklat keluaran Nestle. Nexus 5 adalah Smartphone pertama yang akan menggunakan Android Kitkat.
Beberapa fitur unggulan versi ini, yaitu :

  1. Fitur Sms yang terintegrasi langsung kedalam Aplikasi Google Hangouts.
  2. Terdapat fasilitas Could Printing.
  3. Desain ikon dan tema yang lebih unik dan realistic.
  4. Mendengarkan perintah suara dari Google Now tanpa menguras daya baterai.
  5. Navigasi dan statusbar yang mengalami pembaruan.
  6. Interface yang sangat halus.
  7. Bisa mengakses aplikasi kamera dari layar yang terkunci.




13. Android Versi 5.0 (Lollipop)
Versi terbaru ini dikabarkan akan dirilis pada bulan November 2014. Android Lollipop ini muncul dengan banyak fitur keren yang belum ada di versi sebelumnya.
Beberapa fitur unggulan versi ini, yaitu :

  1. Userinterface didesain baru dengan tampilan yang lebih berwarna.
  2. Tombol navigasi dengan tampilan baru yang lebih menarik.
  3. Notifikasi yang akan selalu muncul biarpun pengguna sedang mengoperasikan aplikasi lain.
  4. Tampilan 3D untuk Recent App.
  5. Mensupport 64 Bit.


About Dedekarang

Dedekarang
Saya hanya seorang pelajar yang menyukai Apple, Android, Blogging dan Media Sosial. Berbagi apa yang saya tau adalah yang terbaik. Berkomitmen untuk membantu orang
Recommended Posts × +